Cara Instal WordPress di localhost atau menjalankan blog wordpress secara offline



Mengelola blog secara offline tanpa terhubung ke internet memiliki banyak keuntungan khususnya dapat menghemat quota internet serta keuntungan lainnya adalah kita juga bisa mereview artikel/postingan, struktur blog, tampilan atau template blog sebelum di publish ke internet.
Ok, bagaiman cara menjalankannya? berikut akan saya berikan tutorial bagaimana cara instal wordpress di localhost, akan tetapi sebelumnya pastikan anda punya beberapa aplikasi wajib untuk menjalankan wordpress tersebut.
  •  Xampp  : berfungsi untuk menjalankan blog wordpress tersebut di localhost
    untuk mendapatkan software tersebut bisa kamu download di http://www.apachefriends.org/index.html
  • File Wordpress : blog wordpress yang akan kita instal nantinya di localhost atau PC/Laptop kita, silahkan download di http://wordpress.org/download
Adapun langkah-langkah nya adalah sebagai berikut :
1. Jalankan Xampp yang sebelumnya sudah kamu instal dan pastikan Xampp sudah berjalan dengan benar seperti gambar di bawah ini. (*saya anggap anda sudah mengerti cara instal Xampp dan cara menggunakannya)
 
2. Extract File wordpress yang sudah kamu download tadi di c:\xampp\htdocs Sehingga setelah di extract menjadi c:\xampp\htdocs\wordpress
 3. Kemudian buka browser kamu dan ketikan http://localhost/wordpress   maka  akan   muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.
4. Untuk mengisi Nama basis data, Nama pengguna, sebelumnya buka dulu Phpymyadmin di http://localhost/phpmyadmind  kemudian pilih Databases dan buatlah data nama database, disini saya buat namanya db_wordpress  kemudian klik Create.
5. Kemudian isi nama basis data yang sebelumnya sudah kamu buat di Phpmyadmin tadi, untuk nama pengguna isi dengan root(default phpmyadmin) untuk password kosongkan saja untuk Host basis data dan Prefiks Tabel biarkan saja, kemudian klik kirim.

6. Setelah sukses, muncul tampilan seperti gambar dibawah ini. berarti untuk pembuatan database sudah selesai, kemudian klik jalankan instalasi.


7. Kemudian muncul seperti gambar dibawah ini, silahkan isi data yang di minta, isi Judul Situs misalnya apa yang menjadi judul situs atau blog anda, Nama Pengguna adalah nama yang di gunakan untuk masuk ke login admin kehalaman blog/situs kita nanti, kemudian isikan password, email dan setelah selesai proses pengisian data tersebut silahkan klik Instal Wordpress.


8.  Untuk membuka blog tadi silahkan ketik di browser kamu http://localhost/wordpress/ dan maka blog kamu akan muncul, dan untuk masuk ke menu admin silahkan ketik http://localhost/wordpress/wp-login.php
Setelah login berhasil maka kamu akan masuk ke menu admin.

 Mudah bukan? selamat mencoba, jika ada yang kurang jelas silahkan isi komentar di bawah.



0 Response to " Cara Instal WordPress di localhost atau menjalankan blog wordpress secara offline "

Posting Komentar

Silahkan manfaatkan kolom komentar dibawah ini terkait artikel di atas.
*NO SPAM

UP