Struktur dasar sebuah Template Blog yang harus kamu pahami



Gambar diatas menjelaskan mengenai struktur dasar template sebuah blog. sebelum kamu belajar membuat atau mengedit sebuah template ada baiknya harus mengenal sedikit struktur template dari sebuah blog. berikut sedikit penjelasan dari gambar di atas.

1.Body : Header, Menu, Main wraper/post, Sidebar dan footer di tempatkan di dalam Body. body ibarat tubuh manusia yang di dalamnya ada kepala, badan, tangan dan kaki.

Contoh code HTML sederhananya begini :
<html>
<head>
<title>Judul Blog</title>
Code CSS
</head>
<body>
<div>header</div>
<div>Nav Menu</div>
<div>Main wrapper</div>
<div>sidebar</div>
<div>footer</div>
</body>
</html>

2. Header : Di posisi bagian atas biasanya tempat untuk menampilkan judul blog, biasa juga di tempatkan sebagai banner iklan.

Contoh code HTML sederhananya begini :


<b:section class='header' id='header' maxwidgets='1' showaddelement='no'<b:widget id='Header1' locked='true' title='Title Blog (Header)' type='Header'/> </b:section>

3Menu : Nav menu ini biasa di pakai untuk menampilkan menu utama dari sebuah blog, dan tak jarang ada yang menyisipkan kolom search juga.


Contoh code HTML sederhananya begini :

<b:section class='navbar' id='navbar' maxwidgets='1' showaddelement='no'<b:widget id='Navbar1' locked='true' title='Navbar' type='Navbar'/> </b:section>

4Main Wrapper/Post : Disini adalah tempat isi artikel atau sebuah postingan, mulai dari tgl posting artikel, kolom komentar juga di pasang disini.


Contoh code HTML sederhananya begini :

<b:section class='main' id='main' showaddelement='no'<b:widget id='Blog1' locked='false' title='Blog Posts' type='Blog'/> </b:section>
5. Sidebar : Biasanya di pakai untuk menampilkan Label/kategori, arsip blog, artikel paling banyak dilihat, komentar terbaru, dll  atau bisa juga untuk penempatan iklan.

Contoh code HTML sederhananya begini :

<b:section class='sidebar' id='sidebar' preferred='yes'/>


6. Footer : Lebih sering di gunakan untuk credit title sebuah template blog. ada juga yang menempatkan label, profil pemilik blog di kolom footer ini.

Contoh code HTML sederhananya begini :

<b:section class='footer' id='footer' showaddelement='no'<b:widget id='Attribution1' locked='false' title='' type='Attribution'/> </b:section>

Berikut diatas adalah sedikit penjelasan mengenai struktur dasar dari sebuah template blog.

1 Response to " Struktur dasar sebuah Template Blog yang harus kamu pahami "

  1. Nonton film drama korea kesukaan kamu sekarang, Download sekarang juga aplikasi drama korea kita bisa nonton secara gratis drama korea dilayar smartphone kamu hanya dengan Download MYDRAKOR di Googleplay, gratis bisa nonton dimana dan kapan saja.

    https://play.google.com/store/apps/details?id=id.mydrakor.main

    https://www.inflixer.com/

    BalasHapus

Silahkan manfaatkan kolom komentar dibawah ini terkait artikel di atas.
*NO SPAM

UP