Cara Setting Setelan Blog di Dashboard Blogger


Nah, sekarang kita masuk ke artikel saya yang ketiga mengenai Panduan membuat blog terbaru, disini kita akan bahas Cara setting blog di menu setelan di dashboard blogger. tapi sebelumnya baca dulu artikel yang sebelumnya "Cara buat blog" kemudian Cara posting artikel, setting template dan tata letak blog, karena tanpa membaca artikel itu kamu tidak bisa mengikuti artikel ini, karena artikel ini berkaitan dengan artikel saya yang sebelumnya.

Ok mari langsung saja kita bahas ya.. pertama-tama masuk dulu ke dashboard blogger kamu, kemudian pilih setelan, dan pilih "dasar". kita akan bahas apa saja yang harus kita setting di menu dasar ini.

1. DASAR 


Berikut penjelasannya :
Judul : Buat Judul Blog kamu semenarik mungkin : misalnya nama blog kamu adalah Androiduntukmu.blogspot.com maka judul blog kamu adalah Berbagi ilmu Android.

Deskripsi : Tulis deskripsi blog kamu misalnya, blog ini menulis tentang tutorial, tips trik, problem solved, game  seputar dunia Android.

Privasi : Tambahkan blog anda ke cantuman kami? pilih "Ya" jika blog anda ingin tercantum di google. Biarkan Mesin pencari menemukan blog anda? pilih "Ya" jika blog anda ingin dapat di temukan oleh search engine google. (lihat gambar diatas)

Penerbitan : Ini digunakan apabila kamu ingin mengupgrade blog kamu ke sebuah web hosting, misalnya saat ini nama blog kamu adalah androiduntukmu.blogspot.com. kamu bisa mengubah nama tersebut menjadi androiduntukmu.com. tentunya kamu harus mendaftarkan ke sebuah penyedia layanan webhosting terlebih dahulu.

Pengalihan HTTPS : Pilih YES, agar setiap pengujung blog kamu akan selalu menuju ke https, maksudnya setiap pengujung yang membuka blog kamu akan selalu menuju ke https yang sudah terenkripsi. dengan mengaktifkan Pengalihan HTTPS menjadi YA akan mengamankan blog kamu dari orang-orang yang mencoba menyerang/meretas blog kamu.

Pengarang Blog : Kamu bisa mengundang atau menambahkan pengarang lain. atau orang yang akan menulis artikel di blog kamu. orang lain bisa ikut berpartisipasi dalam menulis artikel di blog kamu dan bisa lebih dari satu. setiap penulis artikel tersebut akan terlihat di setiap artikel yang sudah di posting. (lihat gambar di atas)

Pembaca Blog : Menentukan Siapa saja yang dapat melihat atau membaca blog kamu, semua orang atau bisa kamu sendiri. atau orang orang tertentu yang sudah kamu undang(dengan email)/menjadi kontak Google plus kamu(jika profil blog kamu memakai profil google plus).

2. POST, KOMENTAR, dan BERBAGI.




Tampilkan Sebanyak Mungkin : Menampilkan jumlah artikel di halaman utama blog. bisa perhari atau per jumlah posting.

Template Entri : maksudnya adalah kamu bisa menambahkan berupa kode atau text khusus.  jadi pada saat kamu akan menulis artikel di halaman postingan kode tersebut(jika kamu tambahkan kode/text khusus) akan secara otomatis muncul di setiap kali kamu akan menulis sebuah artikel di halaman postingan. misalnya saja kode utk menampilkan readmore(baca selanjutnya) dll.

Tampilkan gambar dengan Lightboxjika pilih "YA" maka setiap gambar yang ada dalam artikel jika di klik akan tampil secara list dibagian bawah browser kamu(klik tombol close jika ingin kembali ke artikel). dan jika pilih "Tidak" gambar tersebut tampil dan bisa di zoom jika gambar terlalu besar(klik tombol back di browser jika ingin kembali ke artikel).

Lokasi Komentar :
  1. Tersemat : Posisi kolom isi komentar berada di bawah artikel.
  2. Halaman Penuh : Posisi kolom isi komentar tidak tampak di bawah artikel tapi akan muncul halaman khusus utk mengisi komentar, setelah di klik isi komentar di bawah artikel.
  3. Jendela Munculan : Posisi kolom isi komentar akan muncul di halaman baru, setelah di klik isi komentar di bawah artikel.
  4. Sembunyikan : Artinya kolom komentar di sembunyikan(artikel kamu tidak utk di komentari kira-kira begitu maksudnya :) )

Siapa yang dapat mengomentari? : Mengatur siapa saja yang dapat mengomentari blog/artikel kamu.

Moderasi KomentarSetiap orang yang mengisi di kolom komentar tidak serta merta langsung tampil di halaman komentar. bisa lewat persetujuan email si pemilik blog dulu. di moderasi komentar ini bisa kamu atur apakah komentar tersebut harus kamu lihat/baca dulu atau tidak. fungsinya di moderasi (atau pilih selalu) agar kamu bisa melihat terlebih dahulu apakah komentar tersebut layak atau tidak. atau komentar tersebut adalah SPAM. jika kamu pilih "tidak pernah", maka setiap orang yang mengisi di kolom komentar maka komentar tersebut akan langsung muncul tanpa persetujuan kamu(pemilik blog).

Tampilkan verifikasi kata : Pilih "YA" jika yang ingin berkomentar adalah anomin(tidak memiliki akun google) maka akan disuruh memasukan CAPTCHA utk memverifikasi kalau anonim tersebut bukan robot (utk menghindari Komentar SPAM).

Tampilkan Tautan Balik :  Pilih “Sembunyikan” bila kamu tidak ingin menampilkan link siapa saja yang membuat link ke postingan artikel kamu.  Pilih “Tampilkan” bila kamu ingin menampilkan link orang yang mengeLINK/mentaut Artikel kamu.

Pesan Formulir Komentar : Kamu bisa menambahkan kata kata berupa himbauan di kolom komentar. misalnya "berkomentarlah dengan baik" atau No SPAM.

Untuk komentar Google Plus kamu harus mengubah profil kamu menjadi  profil google plus jika sebelumnya kamu menggunakan profil blogger.

3. EMAIL



Mempublikasikan entri menggunakan email : Kamu bisa menulis artikel lewat email dan mempublikasikanya langsung ke Blog kamu. tentunya dengan setingan khusus agar tidak semua orang dengan emailnya bisa memposting artikel ke blog kamu.  "Segera publikasikan email" artinya artikel bisa langsung tampil di blog kamu setelah dikirim lewat email. "Simpan email sebagai draft entri" maksudnya artikel yang kamu kirim lewat email tadi hanya tampil sebagai draft saja. bisa juga kamu"Nonaktifkan" jika kamu hanya ingin menulis artikel lewat blog saja.

Email Notifikasi KomentarMasukan beberapa alamat email jika kamu ingin mengetahui orang orang yang mengomentari artikel/blog kamu.

Email entri ke : Setiap kali kamu memposting sebuah artikel bisa langsung secara otomatis mengirimkan artikel/postingan tersebut ke alamat email orang orang yang kamu pilih.

4. BAHASA dan PEMFORMATAN


Bahasa : Pilih Bahasa Indonesia jika blog kamu berbahasa indonesia, artinya widget/gadget kamu akan berbahasa indonesia. misalnya ada beberapa default widget yang tertulis replay(b.inggris) menjadi balas. (jika kamu memakai b.indo)

Aktifkan transliterasiaktifkan jika di artikel/blog kamu memiliki bahasa charakter khusus.  sebaiknya nonaktifkan saja.

Zona Waktu : Pilih zona waktu, misalnya Jakarta(zona waktu untuk negara indonesia).

Format Header Tanggal : Menampilkan tanggal dan waktu di setiap artikel, setelah kamu memposting sebuah artikel. pilih secara lengkap saja.

Format Timestamp : Urutan karakter, yang menunjukkan tanggal dan / atau waktu terpostingnya artikel kamu. pilih secara lengkap saja.

Format Stempel Waktu Komentar : Format waktu yang muncul di setiap orang berkomentar di kolom komentar.

5. REFERENSI PENELUSURAN

DeskripsiFitur berfungsi untuk  memasukan meta deskripsi blog tanpa harus memasukannya secara manual ke dalam template. isi deskripsi ini sesuai judul blog kamu. misalnya blog ini menulis seputar tutorial, tips trik, game android.

Pesan Khusus untuk Laman Tidak DitemukanMisalnya kamu salah membuat link di blog kamu, biasanya browser akan menampilkan halama error page (halaman 404). maka kamu dapat menambahkan pesan khusus misalnya "maaf ada terjadi kesalahan link, akan segera saya perbaiki link tersebut".

Pengalihan KhususFitur ini berfungsi apa bila kamu sudah terlanjur melakukan kesalahan menulis link yang mengarah ke blog kamu maka fitur ini bisa kamu manfaatkan. caranya klik "edit", kemudian di kolom "Dari" tuliskan link yang salah misalnya "http://androiduntukmu.blogspot.co.id/2016/12/judul-artikel-salah.html" (link yang salah). di kolom "kepada" masukan link yang benar. dan centang "Permanen".

Google Search Console : Jika mengklik ini (edit) kamu akan masuk ke situs google webmaster.

Robots.txt khususRobot Txt adalah sebuah file text(.text) di dalam sebuah halaman web yang berisi perintah-perintah halaman mana yang boleh di index dan mana yang tidak boleh diindex oleh spider mesin pencari. untuk memahami fitur ini kamu harus mempelajari kebijakan dari google atau mempelajari SEO terlebih dahulu.

Tag tajuk robot khususSebelum kamu menggunakan fitur ini ada baiknya kamu mempelajari kebijakan Google tentang ini   atau mempelajari konsep SEO terlebih dahulu.

6SETELAN PENGGUNA




Profil PenggunaPilih Profil blogger kamu, klik Edit dan isi lengkap data profil kamu. pilih Google plus jika profil kamu menggunakan profil  Google plus.

Gunakan Draf Blogger pilih "Ya".

Bahasa di blogger.com : Pilih bahasa di dashboard blogger kamu.

Pengumuman fitur : Pilih "Ya" jika kamu ingin dikirimi  pengumuman fitur terbaru dari blogger.


7. LAINNYA



Konten (laman, pos, & komentar) : Klik "import konten" Jika sebelumnya kamu sudah memiliki artikel di blog yang sudah kamu backup/cadangkan. dan sebaliknya bisa juga kamu cadangkan artikel/konten di blog kamu dengan cara "Cadangkan Konten".

Hapus blog Anda  : Klik hapus blog, jika ingin menghapus blog kamu. artinya alamat blog kamu menjadi tidak aktif tetapi dapat di batalkan selama masa 90 hari.

Izinkan Umpan Blog : Fitur ini digunakan untuk mensetting RSS Feed(untuk memudahkan pembaca blog kita berlangganan artikel-artikel yang kita publikasikan) untuk fitur ini kamu bisa baca lebih lanjut tentang SEO.

Posting URL Pengubahan Arah Feed : Jika kamu ingin membuat RSS Feed(orang yang akan berlangganan artikel kamu), misalnya membuat RSS Feed di feedbuner.com, maka kamu kan mendapatkan kode "http://feeds.feedburner.com/namafeedburnerkamu" kemudian klik "Tambahkan" dan masukan kode feedburner kamu.

Footer Feed Posting : Fitur ini fungsinya kamu bisa menambahkan copyright di keseluruhan feed artikel kamu. contohnya "Copyright <a href = "alamat blog kamu">situs kamu</a>. sebagai catatan untuk mengaktifkan fitur ini kamu harus memilih "Penuh" di fitur Izinkan Umpan Blog.

Aktifkan Tautan Judul dan Tautan LampiranFitur ini gunanya untuk mengaktifkan jika pilih "Ya" dan menonakfitkan jika pilih "Tidak" fungsi Link tautan permanen,tautan judul,tautan lampiran di halaman posting.(lihat gambar dibawah). jika kamu memiliki judul artikel yang panjang, inilah fungsi fitur tersebut.


URL OpenID AndaOpenID digunakan untuk memberikan komentar pada saat kita melakukan Blogwalking. isi Url OpenID kamu jika kamu sudah memiliki akun OpenID. 

Konten Dewasa?Pilih "Ya" atau "Tidak".

ID Properti Web AnalyticsID Web Analiystics akan kamu dapatkan setelah blog kamu, kamu daftarkan di google analytics.

Sepertinya itu saja penjelasan cara setting setelan blog di dashboard blogger. semoga dapat membatu rekan-rekan blogger lainnya.



7 Responses to " Cara Setting Setelan Blog di Dashboard Blogger "

  1. ok info bermanfaat tapi masih binggung masih sebbatas baca dulu

    BalasHapus
  2. Nonton film drama korea kesukaan kamu sekarang, Download sekarang juga aplikasi drama korea kita bisa nonton secara gratis drama korea dilayar smartphone kamu hanya dengan Download MYDRAKOR di Googleplay, gratis bisa nonton dimana dan kapan saja.

    https://play.google.com/store/apps/details?id=id.mydrakor.main

    https://www.inflixer.com/

    BalasHapus
  3. Yuk gabung segera di agen poker terbaik dan terpercaya ^_^ dan tidak ketinggalan juga loh banyak bonus di SENYUMPOKER.
    Senyumpoker Menerima Depo Via Pulsa ya bosku:)

    Bonus New Member 10%
    Bonus Refferal 10% up to 20%
    Bonus Lucky Spin
    Bonus Mistery Box
    Bonus Bulanan Tanpa Batas

    Menang dan Mainkan segera di situs resmi kami www,senyumpoker99,net situs paling aman dan terpercaya
    # WA : +855 962 071 913
    # Line : benderapoker
    Terima Kasih

    BalasHapus
  4. Gan, Bantu jelasin lebih detail donk tentang fungsi Tautan Judul dan Tautan Lampiran.

    Saya kurang paham soalnya gan

    BalasHapus
  5. Gan, Bantu jelasin lebih detail donk tentang fungsi Tautan Judul dan Tautan Lampiran.

    Saya kurang paham soalnya gan

    BalasHapus

Silahkan manfaatkan kolom komentar dibawah ini terkait artikel di atas.
*NO SPAM

UP